Bikin Tepung Dari Biji Durian? Sulit Dipercaya

Cara Membuat Tepung Dari Biji Durian Dengan MudahBikin Tepung Dari Biji Durian? Sulit Dipercaya artikel ini berisikan cara membuat tepung dari biji durian. Sangat bermanfaat bagi anda yang ingin mencoba membuat tepung dari biji durian. Selain itu cara yang digunakan sangat simpel dan sederhana sehingga mudah untuk dilakukan. Semoga bisa membantu.

Buah durian merupakan buah yang sangat nikmat untuk disantap. Rasanya yang legit dan khas menjadi cita rasa tersendiri bagi penikmatnya. Tidak salah kalau banyak orang menjadikan durian sebagai buah favorite mereka. Nah, kalau durian bisa dimakan, bagai mana dengan bijinya, apakah juga bisa dimakan?

Menjawab pertanyaan di atas sebenarnya biji durian bisa di makan. Saya juga baru mengetahuinya setelah tidak sengaja mengetikkan keyword tentang tepung di Google dan ternyata ada saran yang mengarahkan ke tepung biji durian. Sayapun merasa kaget, tidak disangka ternyata biji durian yang saya anggap fungsi utamanya adalah untuk melempari kucing garong ternyata bisa dinikmati. Sungguh menarik.

Lalu bagai mana caranya? Untuk cara mengolahnya saya baru mengetahui beberapa saja, diantaranya bisa di buat keripik ataupun tepung sama halnya seperti tepung dari biji alpukat. Tapi untuk tulisan kali ini saya cuma fokuskan pada tepung biji durian saja, mungkin jika ada kesempatan di artikel berikutnya kita akan bahas tentang keripik biji durian.

Baiklah teman-teman, tidak bermaksud untuk menunda lagi. Bila anda ingin mengetahui cara membuat tepung dari biji durian, langsung saja baca langkah-langkah pada tutorial di bawah ini.

Cara Membuat Tepung Dari Biji Durian
  1. Cucilah biji durian sampai bersih dari sisa-sisa daging buah agar tidak mengkontaminasi tepung yang akan kita buat.
  2. Rebuslah biji durian di dalam air mendidih lebih kurang selama 10-15 menit, kemudian tiriskan. Hal ini bertujuan untuk melunakkan biji durian agar kita mudah mengupasnya. Selain itu dengan merebusnya kita juga akan mengurangi rasa pahit pada biji durian walaupun memang rasa pahit pada biji durian tidak terlalu kuat.
  3. Selanjutnya kupaslah kulit biji durian dan ambil intinya yang berwarna putih.
  4. Berikutnya irislah inti biji durian tersebut dengan ketebalan kira-kira 2-3 mm.
  5. Untuk menghilangkan lendir pada biji durian maka tambahkan garam kira-kira 5-6% kemudian campur dan ratakan. Bawa nampan yang berisi campuran biji durian dan garam ke bawah keran yang airnya mengalir lalu aduklah sampai keluar buih. Air yang mengalir akan membawa lendir yang terlepas dari biji durian keluar dari nampan.
  6. Selanjutnya cucilah dengan air yang mengalir sampai lendir berkurang lalu tiriskan.
  7. Selanjutnya jemurlah biji durian di bawah terik matahari agar kering kira-kira selama 5-6 hari. Atau juga anda bisa mengeringkannya menggunakan oven sampai dirasa cukup kering.
  8. Haluskan irisan biji durian yang telah kering menggunakan blender sampai halus dan menjadi tepung. Proses pembuatan tepung biji durianpun telah selesai. Sekarang anda bisa memanfaatkannya untuk dibuat makanan olahan lainnya.
Bagaimana sobat, sangat mudah bukan? semoga artikel Tips Tepung Dari Biji Durian Sulit Dipercaya di atas bisa bermanfaat. Jika anda mempunyai pendapat atau opini lain silahkan berikan komentar anda. Selain itu baca juga artikel lain mengenai Tips Cara Memilih Buah Srikaya Kualitas Terbaik. Terima kasih atas kunjungan anda dan Have a nice dream.

khasiat biji durian pembuatan tepung biji durian biji durian sebagai tepung kandungan kimia biji durian contoh manfaat biji durian manfaat biji durian kumpulan tips kumpulan kandungan biji durian tepung biji durian

0 Response to "Bikin Tepung Dari Biji Durian? Sulit Dipercaya"

Post a Comment

My Ping in TotalPing.com